Berlibur Bersama Keluarga

Disadur dari Parent Academy Group WA (9 Januari 2019)

Peserta : 41 orang

Pemateri : Mama Ocha

Siapa sih yang tidak suka berlibur ? Pasti setiap orang senang sekali berlibur. Disela sela rutinitas pekerjaan yang padat, waktu liburan perlu dijalani untuk menghindarkan diri dari kejenuhan, kebosanan dan kepenatan. Beragam cara dapat kita lakukan untuk mengisi waktu liburan, rekreasi ke tempat wisata, berkemah di alam, mengunjungi sanak saudara, berbelanja barang yang dinginkan ataupun memuaskan hobi, pastinya sangat menyenangkan. Liburan tidak hanya bermanfaat untuk kita para
orang tua namun juga untuk anak anak. Berlibur tentunya sangat menyenangkan, apalagi berlibur bersama dengan keluarga. Kebersamaan yang dilakukan akan memberikan kenangan bagi para orang tua juga untuk anak anak di kemudian hari. Apapun bentuk liburan yang sukai, banyak memberikan manfaat diantara nya adalah

Meningkatkan keharmonisan keluarga

Liburan tidak hanya menjaga keharmonisan, baik anak-anak, suami, dan istri dapat meningkatkan rasa kasih sayang masing masing untuk menatap hidup penuh cinta kasih. Mengapa? canda tawa dan senda gurau saat liburan menjadi hal yang tak akan terlupakan yang akan menjadi kenagan di masa masa mendatang.

Memberikan pengalaman, wawasan serta belajar mengenai banyak hal.

Bertemu dangan banyak orang saat liburan memungkinkan kita mendapat teman baru dari berbagai penjuru. Menggenal banyak orang serta dapat belajar dari lingkungan ataupun tempat liburan secara langsung. Mengenal budaya, makanan khas, kendaraan setempat. Tak hanya untuk para orang tua, anak anakpun akan terbuka wawasannya sebagai bekal di kemudian hari

Sebagai kenangan masa depan

Berlibur bersama keluarga dapat memberikan kenangan untuk masa depan, tak hanya bagi orang tua juga bagi anak anak. Di usia kepala empat ini pun saya masih dengan jelas mengigat masa masa di mana kedua orang tua saya mengajak berlibur bersama, memberi ruang tersendiri dalam memori yang akan saya bawa sampai kapanpun dan menjadi bahan cerita bersama. Usia berapapun anak anda, ajaklah untuk berlibur bersama. Mungkin saja belum dapat diingat untuk usia anak yang masih sangat belia, namun akan memberikan memori indah untuk orang tua. Liburan akan membuat anda tak akan melupakan anggota keluarga beserta memberikan rasa persatuan dalam keluarga.

MANFAAT KESEHATAN

Salah satunya adalah mengurangi stress dan kejenuhan
Rutinitas dan pekerjaan sehari hari membuat perasaan jenuh yang dapat membangkitkan stress. Tak hanya bagi orang tua, anak anak pun juga dapat mengalami kejenuhan belajar serta kepadatan aktifitas sehari hari yang dapat mengakibatkan stress dan emosional. Berlibur Bersama keluarga dapat memberikan suasana baru dari segala rutinitas

“Salah satu hal terbaik saat liburan adalah seseorang tidak akan khawatir mengenai tuntutan pekerjaan dan bisa mendapatkan sebuah pengalaman baru yang menyenangkan,” tutur Dr Papadopoulos seperti dilansir Daily Mail.

“Paparan sinar matahari yang cukup juga diyakini dapat meningkatkan penyaluran hormon serotonin ke otak yang berhubungan dengan meningkatkanya suasana hati dan membantu seseorang merasa tenang dan tetap fokus,” tambah psikolog yang meneliti tentang masalah ini.

Ia juga menyebutkan persentase masing-masing manfaat kesehatan yang bisa diperoleh seseorang saat traveling. Berikut daftar persentase manfaat kesehatan menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr Papadopoulos:

  1. Lebih tenang – 46%
    Seseorang akan merasa lebih bahagia saat liburan
  2. Lebih bahagia – 42%
  3. Mengurangi stres – 35%
  4. Lebih berenergi – 29%
  5. Lebih dekat dengan keluarga atau teman – 21%
  6. Kualitas tidur yang bebih baik – 20%
  7. Mengurangi tingkat kecemasan – 16%
  8. Lebih sehat – 14%
  9. Lebih bersosialisasi – 14%
  10. Lebih termotivasi – 13%
  11. Lebih percaya diri – 10%
  12. Peningkatan kesehatan kulit – 10%
  13. Lebih merasa muda – 10%
  14. Lebih kreatif – 8%
  15. Lebih produktif – 7%
  16. Lebih bergairah – 6%
  17. Berat badan menurun – 6%

Berlibur bersama tak harus mahal, dimana pun dapat kita kondisikan menjadi tempat untuk bersantai bersama keluarga. Setiap pribadi memiliki tempat favoritnya masing masing. Beberapa ide seru yang sederhana juga dapat digunakan untuk berlibur dan bersantai bersama keluarga,

Piknik ditaman

Salah satu favorit saya adalah piknik santai di taman, banyak loh taman2 yang bisa kita kunjungi di seputar jabotabek ini. Favorit saya adalah di ecopark ancol atau kebun raya bogor. Sambil gelaran tikar, makan pisang goreng plus minum kopi dan baca buku favorit. Eh… jangan lupa bawa bola yah …. Anak anak pasti suka banget main bola di taman.

Perputakaan atau Museum

Banyak orang berpikir kalau perpustakaan atau museum itu tempat yang membosankan. Eh jangan salah yah perpustakaan dan museum di Jakarta banyak yang asik dan bikin betah lho. Selain berwisata murah, kita juga bisa dapat banyak manfaat mengunjungi perpustakaan dan museum. Kita ambil saja contoh perpustakaan nasional, koleksi bukunya banyak, untuk anak – anak juga seruuuu, ditambah tempat yang super cozyyyy……..
Museum- museum seputar kota juga banyak yang keren dan cantic plus instragramable 😊, museum gajah, museum Bank Indonesia, dan masih banyak lagiiii …

Tracking

Tracking bisa kemana saja, curug, bukit atau persawahan.
Siapa sih yang ga suka udara segar, melihat yang hijau hijau, bermain air …. Pastinya semua sukaaa yahh.
Sepertinya ini adalah favorit saya bersama keluarga, mencari curug atau tempat tracking dengan udara segar. Banyak alternative curug bagi kita untuk yang tinggal seputar Jabotabek loh… ada leuwi hejo, cilember, tracking bukit katulampa…. Atau bagi teman2 yang masih tinggal di wilayah pedesaan atau dekat dengan persawahan, bisa memanfaatkan area persawahan untuk tracking santai …. Pastinya bakal seruuu bangett lohh

Olah raga bersama

Berenang, basket, badminton atau CFD/Jogging pagi bersama keluarga dan teman teman.
Area Car Free Day, Jogging track atau bahkan komplek rumah pun bisa menjadi tempat untuk memanfaatkan hari libur bersama keluarga dan teman teman, sambil berolah raga pagi sempatkan waktu bercengkrama, ngobrol santai.

Tak hanya mendapatkan keseruan plus juga sehat dan syukur2 bisa langsing 😁😊.

Rumah

Nah ini…. Kalau tanggal sudah di ujung alias tanggal tua, pikniknya di rumah aja yah… he he rumah juga bisa jadi tempat piknik yang menyenangkan loh, kalau ada teman teman yang berhalaman luas bisa piknik dikebunnya. Pasang tikar, duduk santai. Atau juga bisa manfaat kan garasi atau roof top loh … kami sering banget nih memanfaatkan garasi serasa tempat piknik….
Gelar tikar, duduk santai, tebar semua mainan anak di garasi. Garasi serasa jadi taman plus play ground 😊…………

Beberapa teman dan kerabat memanfaatkan liburan di rumah dengan membuat kue bersama anak anak, main monopoli, ataupun karaoke bersama.

DAN…….
Apabila anda memiliki budget lebih tak ada salahnya untuk mencoba berlibur ke luar kota atau bahkan luar negeri.

TRAVELING……

Yes traveling, bila liburan kita diisi perjalanan dari satu kota ke kota lain atau negara lain. Terkoneksinya satu kota dengan kota lain dengan jalan bebas hambatan saat ini banyak memberikan opsi travelling road trip. Tentunya akan banyak sekali kisah, keseruaan, manfaat dan cerita.

Travelling dengan anak-anak tidak hanya untuk bersenang-senang dan mewujudkan momen kebersamaan.

Mengutip catatan dari mba Ning Nathan yang memaknainya sebagai

TRAVELSCHOOLING.

Belajar tentang kehidupan lewat travelling. Ada banyak momen-momen yang menjadi peluang untuk belajar bareng. Seringkali hal-hal yang tak terencanakan menjadi kesempatan berharga untuk menumbuhkan growth mindset yang lagi jadi fokus parenting.Expect the unexpected’. Menyiapkan mental anak-anak untuk tetap menikmati perjalanan, apapun kondisi yang ditemui di lapangan nanti bahwa ada hal-hal di luar sana yang uncontrollable. Namun klo dihadapi dengan positif justru akan memunculkan sikap tangguh. Plus pengalaman seru tak terduga tentunya.

Tempat berlibur bisa dimana saja, yang paling penting adalah waktu kebersamaan bersama keluarga, yang pasti akan menjadi kenangan special suatu hari nanti, menjadi cerita masa depan untuk anak anak juga orang tua.

Ada satu bacaan yg saya dapat dari suatu blog…. dan ini sangat mengena buat saya
“Always take the trip, when you question whether or not you should go on vacation, just do it. Take your time and spend it, you only have limited time before your kids get busy with their lives of their own, building memories, having new experiences together are things that you’ll never regret”.

Ketika Anda mempertanyakan apakah harus berlibur atau tidak, lakukan saja. Luangkan waktu Anda. Anda hanya memiliki waktu terbatas sebelum anak-anak Anda sibuk dengan kehidupan mereka masing masing. Membangun kenangan, memiliki pengalaman baru bersama adalah hal yang tidak akan akan pernah Anda sesali.

Paling tidak manfaatkan liburan spesial bersama keluarga minimal 1 x dalam 1 tahun untuk mendapatkan kebahagiaan lebih bersama keluarga tercinta atau manfaatkan weekend anda dengan liburan santai dan sederhana.
Ajak pasangan atau anggota keluarga anda untuk berlibur secara rutin. Jadi tunggu apaalagi, ayo siapkan liburan mu……….

SHARING TAMBAHAN DARI ANGGOTA GROUP

Beberapa tips yang bisa kita lakukan agar liburan bersama kita asiik:

  1. Pilih tempat liburan yang cocok untuk satu keluarga, utamanya aman dan nyaman untuk buah hati kita.
  2. Ceritakan kepada buah hati kita tentang lokasi liburan seru kali ini.
  3. Siapkan baju yang nyaman dipakai saat menikmati perjalanan dan selama berlibur.
  4. Tentu jangan lupa yah…siapkan makanan favorit keluarga sebagai bekal di liburan kali ini.
  5. Jangan lupa yang tak kalah pentingnya bawa obat anti demam dan mual atau catat nomor penting yang bisa dihubungi pada saat si buah hati sakit.
  6. Lengkapi tas kita dengan hand sanitizer, tissue basah anti bakteri, obat anti nyamuk.
  7. Sediakan pula tas khusus untuk membawa benda-benda yang menghibur agar buah hati kita tidak repot mencarinyanya, jika diperlukan download permainan yang menyenangkan di smartphone atau tablet terutama saat perjalanan yang jauh.
  8. Beri tanda pengenal untuk buah hati kita pada gelang, atau dapat memanfaatkan child locator.
  9. Perhatikan juga cuaca
  10. Pilih hotel atau penginapan yang nyaman dan aman untuk semuannya

Hmm… memang terkadang mood anak anak selalu berubah ubah, kadang, bete, sebel… dan ga hanya anak loh… orang tua pun juga bisa sebel bete… jawabannya… goal travelling nya apakah memang untuk anak anak ? Untuk bersama sama? Atau memang ke tempat yang untuk orang dewasa yang mungkin membuat anak bosan… mengapa anak kurang fun… mungkin karena memang destinasinya memang kurang menarik untuk mereka. Untuk travelling bersama anak anak tentunya kita sesuaikan tema travelling nya yang memang sesuai dengan usia mereka atau yang memang dapat dinikmati bersama sama….
Hmmm sebagai orang tua kadang juga perlu ide kreatif yang membuat anak anak fun… kalau saya biasanya diselinggi games2 seruu di tempat berlibur… 😁😁

Tujuan berlibur atau travelling untuk Fun bun… jangan dibikin ribet… he he… mind set harus happy yahh…
…..
Banyak yang yang bisa di akalin biar ga ribet…
Well planning travelling…

Siapkan jauh jauh hari sebelumnya untuk travelling, jadwal, agenda, dan segala persiapannya… 😁😁 mungkin bahkan 1 tahun sebelumnya kalau memang mau travelling jarak jauhh… plus biaya murah 😁🤗

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twelve − five =