9 Aplikasi Pilihan Untuk Merencanakan Kehamilan

Zaman kekinian memang serba canggih. Teknologi informasi  berkembang begitu pesat. Telpon genggam yang kita miliki pun semakin “pintar’. Ya, smartphone  sekarang ini tak melulu

untuk menelpon atau mengakses media sosial. Akan tetapi, bagi para pasangan suami-istri yang ingin memiliki momongan, perangkat mutakhir ini bisa dimanfaatkan dalam merencanakan kehamilan. Bagaimana caranya?

Ada beragam aplikasi yang dapat diunduh secara gratis melalui gadget Anda. Banyak fitur yang bisa Anda akses di antaranya aplikasi ini membantu mengecek kesuburan, menentukan siklus menstruasi, menentukan jenis kelamin janin dan sebagainya.   Nah, berikut beberapa apps yang bisa Anda pilih.

 

1.Indonesian Kalkulator of Oocytes (IKO)

IKO atau Kalkulator Sel Telur IKO merupakan aplikasi panduan bagi seorang perempuan yang merencakan kehamilan dan dokter untuk mengetahui kapan saat yang tepat untuk hamil dengan mengacu pada normogram Anti Mullerian Hormone (AMH), yaitu parameter untuk menentukan umur biologis seseorang, dalam hal ini perempuan.

Menurut penggagas aplikasi ini, Dr.dr.Budi Wiweko, SpOG (K), AMH merupakan senyawa glikoprotein yang diproduksi oleh sel granulosa folikel yang mengelilingi sel telur. AMH dapat digunakan untuk mengetahui jumlah cadangan ovarium dan memprediksi usia biologis lebih awal. Karena itu, dokter dapat mengetahui kapan waktu yang tepat bagi seorang perempuan untuk hamil dengan menggunakan Teknologi Reproduksi Berbantu (TRB).

Dengan aplikasi Kalkulator Sel Telur IKO, Anda dapat merencanakan, mempersiapkan dan menjaga kehamilan dengan baik. Juga membantu dokter dalam merencanakan intervensi terbaik bagi pasien/calon ibu yang menghadapi masalah infertilitas.

 

 

2.BuaHati

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur, di antaranya:

1.Menghitung masa subur
Selain memberi informasi mengenai kapan masa subur Anda, fitur ini juga memberitahu tentang faktor-faktor yang memengaruhi terjadinya kehamilan. Misal, umur sel telur dan sperma. Anda tinggal memasukkan tanggal hari pertama haid  terakhir beserta siklus haid, setelah itu tunggu info kapan masa subur Anda.

  1. Memprediksi kemungkinan hamil janin laki atau perempuan

Anda mendambakan hamil janin laki-laki atau perempuan? Fitur ini membantu mengalkulasi atau menghitung waktu yang tepat untuk berhubungan intim sehingga peluang Anda lebih besar apakah hamil janin laki atau perempuan.

  1. Kalender ovulasi

Pada fitur ini, Anda dapat melihat kalender bulanan dan tahunan untuk mengetahui waktu ovulasi terbaik di bulan-bulan berikutnya.

  1. Tip Harian
    Anda akan mendapatkan tip harian seputar perencanaan kehamilan. Baik seputar kesehatan atau tentang menu makanan sehat yang akan meningkatkan kesuburan Anda dan pasangan.

 

3.SKATA

Dengan aplikasi ini Anda bisa mendapatkan informasi atau artikel mengenai perencanaan, kehamilan, kontrasepsi, pendidikan anak, pernikahan, perencanaan keluarga serta perkembangan anak.

Melalui fitur Kontrasepsiku, Anda bisa mendapat informasi menyeluruh mengenai kontrasepsi dengan kuis menyenangkan. Terdapat juga kalender menstruasi dan mengingat periode.

Calon mama juga dapat melalui konseling mengenai perencanaan anak dan kontrasepsi pada bidan dan mencari jasa bidan atau Rumah Sakit terdekat. Fitur lainnya yang bisa Anda akses seperti  Perencanaan Keluarga, seputar kebutuhan pendidikan dan kalender sekolah atau imunisasi. Terdapat juga Perencanaan Pendidikan untuk Buah Hati Anda.

 

 

4.Panduan Menyuburkan Kandungan

Ada sebagian perempuan yang ternyata cepat hamil, padahal baru beberapa bulan sebelumnya menikah. Namun, ada pula perempuan yang sudah bertahun-tahun menikah tapi tidak kunjung hamil. Nah, jika Anda termasuk yang sulit hamil, cobalah mengonsumsi makanan penyubur kandungan.

Nah, aplikasi ini berisi panduan, tip, maupun cara mengenai macam-macam makanan yang dapat membantu tingkat kesuburan kandungan Anda. Pasangan suami istri yang mengindamkan momongan perlu mengetahui makanan untuk penyubur kandungan. Nah, aplikasi ini dijelaskan apa saja menu makanan yang dapat membantu menyuburkan kandungan.

 

5.Ovutest Diary

          Aplikasi dengan tampilan sederhana ini mudah digunakan untuk mengetahui prediksi masa subur serta jadwal menstruasi berikutnya. Aplikasi ini juga akan membantu Anda dalam perencanaan kehamilan dan memberikan informasi seputar wanita melalui berbagai artikel di dalamnya. Bahkan Anda dapat bertanya langsung melalui ahli melalui aplikasi ini.

 

6.Clue

Aplikasi ini membantu menghitung kapan siklus haid Anda  berikutnya. Tak hanya itu, aplikasi ini bisa diatur untuk mengirim pengingat dengan rutin, terutama di saat tingkat kesuburan Anda mencapai puncak. Bahkan Anda juga bisa menggunakannya untuk mendeteksi mood, aktivitas seksual, hingga gejala kehamilan.

 

7.My Days

Aplikasi ini mudah digunakan dengan hanya menginput beberapa data siklus haid Anda, alat kontrasepsi yang digunakan hingga kapan melakukan konsepsi dan semua yang berkaitan dengan merencanakan kehamilan.  Aplikasi ini juga mampu mengukur temperatur metabolisme basal, yang biasanya diperlukan untuk menentukan waktu kesuburan.

 

8.Get Baby

Aplikasi ini sangat berguna bagi para calon ibu yang ingin mendapatkan kehamilan, karena akan membantu dalam meningkatkan peluang untuk hamil. Aplikasi ini juga bisa menunjukkan jenis kelamin janin ketika Anda positif hamil, apakah perempuan atau laki-laki. Fitur-fitur dalam aplikasi ini di antaranya:

  • Bisa menunjukkan hari di mana Anda bisa hamil atau tidak Memberitahu Anda mengenai jenis kelaminnya apakah anak laki-laki atau perempuan,
  • Memprediksi periode berikutnya serta tanggal ovulasi
  • Melacak dan merekam periode Anda,
  • Mengatur periode siklus panjang atau siklus ovulasi.

 

9.GetPregnant 

Aplikasi ini menyajikan beragam tip dalam merencanakan kehamilan,  tip atau penjelasan mengenai kelamin bayi yang diinginkan baik itu perempuan ataupun laki laki.  Fungsi utama dari aplikasi ini adalah membantu Anda menghitung mulai dari hari terakhir menstruasi sampai dengan tanggal melahirkan dengan perhitungan usia janin dalam kandungan. Selain itu, Anda juga dapat mengecek masa subur Anda untuk melakukan hubungan seksual yang berpotensial menjadi sebuah kehamilan.

 

Para ahli yang berasal dari Fakultas Kedokteran Georgetown University, Washington, DC mengidentifikasikan sekitar 95 aplikasi berkaitan dengan kesuburan yang dapat diunduh di iTunes, Google, ataupun Google Play. Hasil temuan para ahli yang dimuat di Journal of the American Board of Family Medicine akhir Juni 2016 memaparkan, secara umum aplikasi ini bertujuan membantu penggunanya mencatat jadwal menstruasi serta memberi informasi seputar tanggal paling ideal untuk terjadinya ovulasi.

“Akan tetapi, dari sekian banyak aplikasi ini, hanya enam aplikasi yang memiliki tingkat akurasi tinggi,” kata Dr. Marguerite Duane, peneliti utama dari Georgetown University. Karena itu,

Anda tetap membutuhkan konsultasi dan pemeriksaan secara langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

(Hil)

Foto: unsplash.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen − 11 =